PHP, Programing

PHP Dasar – Perkenalan #1

PHP adalah bahasa pemrograman berbasis website, pada awalnya PHP kependekan dari Personal Home Page pertama kali dibuat oleh Rasmus Redolf seorang programmer C pada tahun 1995. Sebelum ente lebih jauh lagi mengenal PHP sebaiknya belajar dulu sedikit HTML karna PHP gak bakal jauh dari HTML.

Kelebihan

  1. Open Source
  2. Gratis !!
  3. Tidak mengkopilasi dalam pengunaan
  4. Mudah di gunakan
  5. Suport Banyak Database (Oracle,Mysql,dll)
  6. Kompatible di platform mana aja (Linux, windows, Mac OS, dll)
  7. Alat alat yang di butuhkan ( Web Server ) banyak tersebar
  8. Referensi Tersebar Dimana mana

Cara Kerja

Cara Kerja PHP
Cara Kerja PHP

images ref: http://kemiren.blogspot.com/

  1. Client Merequest Halaman Web
  2. web server menerima request dan merunning file php
  3. File PHP di Compile
  4. Setelah file PHP di Compile kemudian memberikan hasilnya berbentuk file HTML ke computer client

itulah kenapa, kalau kita CTRL + U bukan Coding PHPnya yang muncul tapi HTML, karna PHP mengkompile programnya di server lalu di kirim kan dalam bentuk HTML ke Client.

Alat 

  1. Web Server (Apache2, IIS, dll)
  2. PHP
  3. IDE (Notepad, NetBeans, dll)

Cara gampangnya sih ente langsung install aja XAMPP terbaru, sudah 1 paket untuk web server apache2 , database MySql dan tools lain. untuk IDE pake notepad juga bisa atau mau yang lebih GREGET ! ya silahkan banyak IDE – IDE untuk PHP.
untuk Proses Installasi Ane gak jelasin di sini jadi langsung aja ke http://php.net/manual/en/install.php.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s